macam-macam komposisi fotografi

MACAM-MACAM KOMPOSISI FOTOGRAFI
Ditulis oleh : regina vellarial

1. RULE OF THIRD


ISO : 100
I/f   : 6.3
SUTTER SPEED : 1/15
   Pada gambar diatas saya memilih objek semacam batu karang yang memiliki tekstur yang kasar dan jika difoto kelihatan lebih tajam dan lubang-lubangnnya itu kelihatan indah.



ISO : 400
I/f   : 3,5
SUTTER SPEED : 1/80
   Pada gambar kedua saya mengambil objek yaitu nama dari festival besar yang ada di makassar yaitu F8 dengan mempusatkan ke objek namanya.


ISO : 250
I/f   : 3,5
SUTTER SPEED : 1/400
  pada gambar terakhir dimana saya mengambil foto berpusat pada bunga putih itu dan mempusatkan titiknya ke bunga putih yang indah itu.


2. SIMETRIS
 


ISO  : 200
I/f    : 3,5
SUTTER SPEED : 1/600
  Pada gambar pertama diatas saya mempusatkan foto saya kenapa orang yang berdiri sendiri dan dua anak kecil itu yang gelap dengan latar matahari tenggelam ( sunset )



ISO : 100
I/f   : 5,6
SUTTER SPEED : 1/3200
 Pada gambar kedua saya mempusatkan gambar saya pada awan dilangit yang biru dengan pohon dan atas gedung, menurut saya ini gambar yang sangat indah.



ISO : 200
I/f    : 3,5
SUTTER SPEED : 1/600
 Pada gambar terakhir objek saya matahari hari (sunset ) dengan mempusatkannya ke arah depan laut dan susnset yang indah.


3. SIMPLICITY
 

ISO  : 200
I/f    : 3,5
SUTTER SPEED  : 1/400
   Pada gambar pertama saya mengambil objek seorang perempuan dengan latar dinding yang polos yang berdiri di ujung.


ISO  : 400
I/f    : 4,0
SUTTER SPEED : 1/60
 Pada gambar kedua saya mengambil objek seorang laki-laki dengan latar dinding yang lebih berwarna tetapi debgan posisi yang sama diujung gambar.


ISO  : 100
I/f     : 3,5
SUTTER SPEED : 1/400
  Pada gambar terakhir dengan objeknya saya sendiri dengan meminta tolong teman untuk difotokan dengan latar dinding dan pintu yang ada di belakang,

4. DEPTH 
    


ISO  : 100
I/f    : 3,5
SUTTER SPEED : 1/4000
  Pada gambar terakhir saya mengambil objek jalanan yang ramai dengan cahaya dan pohon yang agak menutupi cahayanya.





ISO : 100
I/f    : 3,5
SUTTER SPEED : 1/4000
   Pada gambar kedua sama saya juga mengambil jalanan sebagai objek tetapi cahaya yang ada lebih lebar dan hanya di tutupi oleh portal dan pohon-pohon yang sedikit.





ISO  : 200
I/f     : 3,5
SUTTER SPEED  : 1/600
 Pada gambar terakhir objek yang saya ambil yaitu pantai dengan dua orang anak yang duduk ditepi
pantai dengan pencahayaan yang tidak terlalu kelihatan karena adanya pohon, tetapi pemandangan sangat indah.


5. FRAMING
 


ISO  : 100
I/f     : 4,0
SUTTER SPEED  : 1/160
  Pada gambar pertama objek yang saya gunakan adalah handphone dengan frame kabel melingkar. dan hasilnya bisa kita lihat pada gambar di atas.





ISO  : 100
I/f    : 4,0
SUTTER SPEED : 1/160
 Pada gambar kedua objek yang saya gunakan adalah tas kamera dengan frame balok kayu yang berbentuk persegi panjang.


ISO  : 100
I/f     : 3,5
SUTTER SPEED  : 1/200
 Pada gambar terakhir objek yang saya gunakan ada dua yaitu handphone dan tas kamera dan dengan frame yang menurut saya sangat bagus yaitu kursi yang berdiri dengan mempunyai sekat-sekat dibawahnya berbentuk persegi sehingga terlihat seperti ada gambardi dalam frame.


6. LEADING LINES ATAU SEGITIGA 




ISO  : 200
I/f     : 4,0
SUTTER SPEED : 1/400
  Pada gambar pertama saya menganbil objek gedung dengan desainnya yang berbentuk segitiga tetapi pasti kalian salah fokus sama orang-orang yang banyak dibawahnya, ya saya mengambil gambar pada saat seluruh pemain marcing band foto bersama dengan latar gedung tersebut.





ISO  : 400
I/f     : 3,5
SUTTER SPEED  : 1/80
  Pada gambar kedua pasti kalian bingung bagaimana objeknya atau garis segitiganya. ya saya mengambil gambar ke atas dan segitiganya itu terdapat pada tenda-tenda penjualan yang ada disekitaran banyak orang.




ISO  : 250
I/f    : 3,5
SUTTER SPEED : 1/4000
 Pada gambar terakhir objek yang saya gunakan yaitu daun karena objek sangat indah dan bisa lihat pada gambar tersersebut bisa membuat garis segitiga.


7. FOTO DIRI


ISO  : 100
I/f    : 3,5
SUTTER SPEED : 1/400


ISO  : 200
I/f    : 3,5
SUTTER SPEED : 1/400



ISO : 100
I/f    : 3,5
SUTTER SPEED 1/400

TERIMA KASIH


Komentar